Ciptakan Kamar Tidur Yang Nyaman
Kenyamanan sebuah kamar tidur secara umum ditentukan oleh sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang cukup dan suhu ruangan. Memang besar dan kecilnya ukuran ruangan kamar tidur turut mempengaruhi “bagi orang-orang tertentu”, namun jika ketiga hal yang diuraikan sebelumnya sudah terpenuhi maka dijamin kamar tidur anda akan menjadi nyaman menurut anda.
Sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk kesehatan dan kamar tidur terhindar dari situasi yang pengap. Untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik adalah dengan membuat jendela. Secara konvensional meletakkan posisi jendela agar tercipta sirkulasi udara adalah menempatkan jendela pada dinding yang saling berhadapan (1). Akan tetapi tidak semua kamar tidur bisa menerapkan teori ini. Hal ini bisa diakali dengan membuat ventilasi pada salah satu dindingnya (2).
Pada kamar tidur yang memiliki pendingin udara (AC), sebaiknya membuat ventilasi udara di plafon kamar tidurnya atau exhaust fan lebih bagus. Kalaupun terpaksa, bukalah jendela lebar-lebar di pagi hari dan tutuplah kembali jika anda rasa udara di kamar tidur anda telah fresh kembali.
Untuk diketahui, kenapa kamar hotel terasa nyaman dan segar? Karena house keepingnya selalu melakukan membuka pintu dan jendela lebar – lebar saat membersihkan kamar tidur tersebut.
Pencahayaan yang cukup, selain mengharapkan cahaya matahari langsung untuk membunuh kuman-kuman di dalam ruangan kamar tidur juga untuk menghemat energi. Karena dengan pencahayaan yang cukup kita tidak pelu menghidupkan lampu di siang hari untuk penerangan. Setidak-tidaknya anda telah ikut berpartisipasi dalam program hemat energi dunia.
Meletakkan jendela arah utara dan selatan adalah posisi yang baik untuk mendapatkan cahaya yang maksimal, karena kamu bisa meletakkan jendela besar tanpa harus khawatir akan silau. Nah, untuk jendela yang menghadap timur/barat, kamu harus menyiapkan tabir penghalang cahaya matahari jika intesitasnya menyilaukan kamu.
Suhu ruangan, secara teori ilmu pengetahuan adalah berkisar antara 20° – 25° celcius. Walaupun nilai itu bukanlah suatu nilai yang ditentukan secara pasti. Namun demikian rentang suhu tersebut sudah cukup nyaman dirasakan manusia.
Pada daerah yang bertemperatur panas , penggunaan AC adalah solusi terbaik untuk mewujudkan suhu ruangan yang nyaman. Sebaliknya, pada daerah yang sejuk/dingin penggunaan kipas angin sudah cukup, namun exhaust fan lebih baik agar sirkulasi udara juga menjadi optimal.

Sumber:  https://desainkamartidurku.wordpress.com/2012/01/11/fungsi-warna-pada-kamar-tidur/#more-70

Komentar

Postingan populer dari blog ini